LKPJ 2020, Fraksi PKS Minta Pemerintah Kota Banjar Serius Tanggapi Rekomendasi DPRD

Pksbanjar_ Ketua Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) DPRD Kota Banjar, Cecep Dani Sufyan meminta Walikota Banjar sungguh-sungguh melaksanakan rekomendasi DPRD dalam perbaikan penyelenggaraan pemerintah daerah.

Hal ini disampaikan Cecep yang juga merupakan Ketua DPD PKS Banjar saat membacakan Pendapat Akhir (PA) Fraksi PKS mengenai Loparan Keterangan pertanggungjawaban Walikota Banjar tahun 2020 dirapat paripurna, jumat (16/04/2021).

Cecep mengungkapkan bahwa meskipun LKPJ sifatnya hanya sebagai laporan keterangan, akan tetapi fungsinya yaitu untuk pengawasan. Dari fraksi PKS sendiri menilai pemerintah kurang serius dalam menindaklanjuti rekomendasi DPRD, termasuk rekomendasi pansus XVI dalam menanggapi Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Walikota Banjar Tahun 2020.

Rekomendasi DPRD terhadap LKPJ tahun 2020 dinilai Cecep sebenarnya hampir sama dengan rekomendasi tahun-tahun sebelumnya, yaitu menyangkut konsisten perencanaan, penganggaran, dan optimalisasi pendapatan dan belanja daerah.

"Sejatinya sebagian besar rekomendasi DPRD hampir sama dengan rekomendasi tahun-tahun sebelumnya, yakni menyangkut konsisten perencanaan, penganggaran, dan optimalisasi pendapatan dan belanja daerah. Salah satu contohnya, kami menilai Pemerintah Kota belum optimal dalam peningkatan kinerja pengelolaan aset dan BUMD. serta belum optimalnya pelaksanaan urusan yang menjadi kewenangan daerah, sehingga permasalahan pembangunan tahun 2020 masih sama dengan permasalah sebelumnya," ungkap Cecep.

Fraksi PKS juga meminta agar Pemerintah Kota harus melakukan evaluasi peningkatan kinerja dalam upaya mencapai sasaran pembangunan.

"Walikota Banjar harus memperbaiki capaian makro ekonomi. Terdapat organisasi perangkat daerah (OPD) yang tidak mencapai target yang telah direncanakan," papar Cecep Dani Sufyan.

Selain itu, Fraksi PKS juga menilai bahwa LPJ Walikota belum menggambarkan indikator kemajuan yang baik, yakni berupa indeks pencapaian tahapan visi dan misi.

"Walikota Banjar harus melakukan evaluasi dan peningkatan kinerja dalam upaya mencapai sasaran pembangunan sebagaimana digariskan dalam visi dan misi Walikota dan Wakil Walikota Banjar." (hms)

Terimakasih atas kunjungannya, semoga bermanfaat !

Posting Komentar untuk " LKPJ 2020, Fraksi PKS Minta Pemerintah Kota Banjar Serius Tanggapi Rekomendasi DPRD"