Teknologi Islam Moderat (Bag.1)

Teknologi Islam Moderat
Dr. Mustanir Yahya

1. Apresiasi Islam terhadap ilmu pengetahuan (sains)
  1. Pengetahuan dalam Al-Quran
Manusia didaulat menjadi khalifah Allah di bumi ini  karena ilmunya, QS Al-Baqarah 2: 31, dan Allah SWT melebihkan manusia yang beriman serta mempunyai ilmu beberapa tingkatan daripada yang lain, QS Al-Mujadilah 58: 11. Tentu tujuan dari kepemilikan ilmu tidak untuk pengembaraan intelektual, bukan mencerdaskan akal pikiran belaka, tidak juga mampu menguasai forum debat dan diskusi, namun untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT sebagaimana firman-Nya di QS Ali ‘Imran 3: 190-191.


Di samping itu, tujuan mencari ilmu adalah untuk meningkatkan amal ibadah yang kita tujukan dalam mencari ridha Allah semata, sekaligus untuk meningkatkan kualitas amal saleh bagi kepentingan hidup kemanusiaan, QS Al-Maidah 5: 35. Orang yang paling baik dalam pandangan Islam adalah orang yang paling bermanfaat bagi kehidupan kemanusiaan, sebagaimana yang dikemukakan dalam sebuah Hadist Nabi.
            Sains dapat diperoleh melalui berbagai cara; melalui indra pendengaran (sama’) yang biasanya bersifat verbal, penglihatan (bashar) yang biasanya menghasilkan sains yang bersifat observasional-eksperimental. Ada
beberapa contoh yang dikemukakan dalam al-Qur an, misalnya Allah SWT mengajari Qabil cara mengubur mayat melalui perantaraan burung gagak QS Al-Maidah 5: 31), mengajarkan tentang pengertian berbangkit melalui pengamatan eksperimental, QS Al-Baqarah 2: 259. Atau mengajarkan Nabi Ibrahim AS bagaimana menghidupkan yang mati juga melalui eksperimen, QS Al-Baqarah 2: 260.

Islam mendorong umatnya untuk bersungguh-sungguh dan tak pernah jemu untuk mencari ilmu yang bermanfaat. Selain tuntunan keutamaan (fadhilah), juga tuntutan karena dunia masa kini, apalagi masa depan, dunia dikuasai oleh orang yang memiliki sains dan teknologi. Jika dikatakan sains merupakan infrastruktur, keduanya akan menentukan suprastruktur dunia internasional, termasuk kebudayaan, moral, hukum dan juga perilaku keagamaan. Jika umat Islam ingin leading mengembalikan perannya sebagai khaira ummah (ummat terbaik, QS Ali ‘Imran 3: 110) dan ummatan wasathan (umat pilihan, QS al-Baqarah 2: 143) menjadi saksi atas kebenaran, ajaran-Nya maka umat Islam harus menguasai ilmu pengetahuan.1)

  1. Pengetahuan dalam Sunnah Rasulullah SAW
Dalam hadis yang diriwayatkan oleh Bukhari dijelaskan bahwa Nabi Muhammad SAW setelah hijrah ke Madinah memerintahkan sahabat untuk mendata jumlah orang yang telah masuk Islam.  Pendataan dilakukan dengan cermat dan teliti sehingga ditemukan data yang valid bahwa jumlah umat Islam saat itu sebanyak seribu lima ratus orang.  Ini sebagai petunjuk bahwa ilmu statistik adalah sebuah metodologi yang asal mulanya dari umat Islam. Rasulullah dan para shahabat juga terbiasa melakukan eksperimen, dan mereka sering berdiskusi ilmiah tentang eksperimen yang akan dilakukan. Misalnya eksperimen shahabat tentang penyerbukan pohon kurma (bioteknologi), yang hasilnya berbeda dengan saran yang dilontarkan Rasulullah, maka beliau bersabda kepada shahabat tersebut, “Kalian lebih mengetahui terhadap urusan dunia kalian.” (HR. Muslim). Rasulullah SAW juga pernah mengikuti pendapat Salmam Al-Farisi, tentang penggalian parit pertahanan di sekitar kota Madinah.  Rasulullah SAW juga pernah dibuatkan sebuah mimbar yang biasa digunakan beliau untuk berkhotbah oleh seorang tukang kayu dari bangsa Romawi. Dalam sebuah hadist disebutkan bahwa beliau bersabda, “Ilmu pengetahuan itu bagaikan barang yang hilang dari seorang mukmin, di mana saja dia menjumpainya maka dia berhak mengambilnya.” (HR. Al-Turmudzi dan Ibnu Majah).
  1. Moderasi Al-Quran terhadap Sains
Penguasaan sains dan teknologi (IPTEK) merupakan prasyarat (pre-requisite) dalam meraih kemakmuran (prosperity). Teknologi, dalam kancah perekonomian global sudah dianggap sebagai investasi (capital) dominan dalam pembangunan ekonomi. Saat ini kekayaan sumber daya alam bukan lagi penentu keberhasilan ekonomi suatu bangsa, namun bangsa yang menguasai teknologi akan mampu mengusai dunia. Oleh karena itu, membangun masyarakat berbasis pengetahuan (knowledge-based society) sangat diperlukan dalam mendorong terciptanya daya dukung teknologi suatu bangsa. Lebih dari itu, pembangunan yang dulu difahami sebagai pembangunan ekonomi telah bergeser, teori ekonomi neo-classical hanya memasukkan parameter tenaga kerja dan kapital dalam faktor produksi. Kini dikembangkan teori dengan memasukkan ilmu pengetahuan sebagai dasar perkembangan teknologi atau bagian intrinsik dari sistim ekonomi. Ilmu pengetahuan telah menjadi faktor ketiga dalam produksi dan pertumbuhan ekonomi. Terjadi pergeseran paradigma pertumbuhan ekonomi dari konsep modal dan tenaga kerja kepada penggunaan pengetahuan sebagai komponen utama pertumbuhan ekonomi dan produktifitas yang dikenal sebagai Ekonomi Berbasis Pengetahuan (Knowledge Based Economy). 2)
Fakta bahwa sains telah berperan sangat penting dalam pembangunan peradaban. Penemuan-penemuan sains dan teknologi telah memberikan bermacam-macam kemudahan hidup bagi manusia. Semua ini adalah nikmat, anugerah dari Allah SWT yang patut manusia syukuri. Sekalipun yang sering terjadi justru sebaliknya, makin berkembang ilmu pengetahuan membuat manusia makin jauh dari Allah, malah kejahatan makin bertambah kejam dan canggih.
Terkait bagaimana memposisikan teknologi ini, kita dapat menemukan beberapa tipe manusia, ada masyarakat yang teralienasi dengan teknologi. Baik teralienasi dalam pengertian mereka terasing dari terknologi karena ketidakmampuan mereka memanfaatkannya akibat gagap teknologi (gatek) yang mereka derita. Atau teralienasi dalam makna justru terisolasi karena sibuk menyendiri dengan produk teknologi, betapa saat ini sering kita menjumpai orang-orang yang menyendiri dengan HP (handphone) padahal dia sedang berada di tengah hingar bingarnya kesibukan yang membutuhkan keikut sertaan dia.
            Lebih ironi lagi, ada saintis dan teknokrat yang menuhankan dan diperbudakkan oleh ilmu dan teknolgi. Masyarakat Jepang yang demikian tergantung pada ketepatan dan kecanggihan teknologi, sehingga saat terjadi kegagalan mereka bunuh diri, tidak ada dalam perhitungan mereka terhadap faktor X yang diistilahkan oleh Albert Enstein, atau ada yang menyebutnya invisible hand yang bagi kita orang beriman itulah taqdir dari Allah SWT sebenarnya. Maknanya bahwa secanggih apapun teknologi ini tetap masih ada ruang bagi berlakunya kehendak Allah al-Qadir. Sebaliknya, ada kelompok lain yang juga cendrung memposisikan teknologi secara ekstrem, mereka justru cendrung menolak kehadiran teknologi ini. Mereka menampik bahwa kehadiran teknologi yang sejatinya akan sangat membantu memudahkan kehidupan mereka, dengan alasan kekhawatiran akibat yang ditimbulkan oleh teknologi itu sendiri. Sebut saja suku Amish yang hidup di Amerika Serikat dan Ontario, Kanada. Suku Tengger yang tinggal di sekitar Gunung Bromo, Jawa Timur. Orang Kanekes atau orang Baduy di wilayah Kabupaten Lebak, Banten. Dayak di Kalimantan, dan Aborigin di Australia. Berbeda dengan penduduk Bluder Hoof, nama tempat terpencil di bagian Utara kota New York, komunitas ini adalah mereka pelarian dari Nazi tahun 1920-an. Awalnya mereka sangat puritan dan menolak teknologi, namun kemudian mereka menyadari bahwa teknologi itu perlu.
Allah SWT menjadikan manusia di dunia ini sebagai hamba, QS. Az-Dzariyat 51 : 56 dan khalifah QS. Al-Baqarah 2 : 3, untuk memakmurkan dunia ini. Sehingga segenap potensi, termasuk sains-teknologi, harus dimanfaatkan untuk mengoptimalkan fungsi tersebut. Bukankah dengan bantuan teknologi ada banyak hal yang dimudahkan seperti adanya pesawat memudahkan kita menunaikan ibadah haji, adanya HP membuat kita lebih mudah bersilaturahim dan menjadikan waktu lebih berkah. Teknologi adalah tools yang membantu mendekatkan kita kepada Allah dalam meraih ridha-Nya.




2.      Ilmuwan Islam dan penemuan modern

a.       Astronomi
Ilmu hisab sangat terkait dengan ibadah mahdhah shalat, puasa dan haji, sehingga sejak Islam datang, tegak dan menyebar ke seluruh penjuru dunia, ilmu astronomi juga turut berkembang. Sumbangan yang diberikan ilmuwan muslim di bidang astronomi pada abad pertengahan atau di masa-masa kejayaan Islam cukup sigifikan. Nicolaus Copernicus sebagai ilmuwan yang merumuskan teori heliosentris mengatakan bahwa bumi bukanlah pusat alam semesta, tetapi bersama dengan planet lain mengitari matahari. Teori yang diumumkan pada 1543 dalam buku "De Revolutionibus Orbium Coelestium" Sebetulnya, teori Copernicus banyak dipengaruhi oleh ilmuwan Muslim abad 9 dan 10 yaitu Az-Azrgaly dan Al Battani.

b.      Optik
Ilmuwan Muslim pertama yang mengkaji ilmu optik adalah Al-Kindi (801 M-873 M). Karangan Al-Kindi tentang optik berjudul De Radiis Stellarum, sangat berpengaruh bagi sarjana Barat seperti Robert Grosseteste dan Roger Bacon. Al-Kindi menolak konsep tentang penglihatan yang dilontarkan Aristoteles yang menyebutkan penglihatan merupakan bentuk yang diterima mata dari obyek yang sedang dilihat. Namun, menurut Al-Kindi penglihatan justru ditimbulkan daya pencahayaan yang berjalan dari mata ke obyek dalam bentuk kerucut radiasi yang padat.
Seabad kemudian, muncul ilmuwan optik Muslim lainnya yaitu Ibnu Sahl (940 M-100 M). Ibnu Sahl juga seorang matematikawan yang mendedikasikan dirinya di Istana Baghdad. Sahl menulis buku  On Burning Mirrors and Lenses (pembakaran dan cermin dan lensa) yang mempelajari cermin membengkok dan lensa membengkok serta titik api cahaya. Ibnu Sahl pun menemukan hukum refraksi (pembiasan) yang secara matematis setara dengan hukum Snell. Dia menggunakan hukum tentang pembiasan cahaya untuk memperhitungkan bentuk-bentuk lensa dan cermin yang titik fokus cahanya berada di sebuah titik di poros.
Ilmuwan Muslim yang dikenal sebagai bapak optik adalah Ibnu Al-Haitham (965 M-1040 M), atau Alhazen bernama lengkap Abu Ali Muhammad Ibnu Al-Hasan Ibnu Al-Haitham merupakan sarjana Muslim terkemuka yang terlahir di Basrah, Irak. Al-Haitham sempat belajar di Universitas al-Azhar. Setelah itu, secara otodidak, ia mempelajari hingga menguasai beragam disiplin ilmu seperti ilmu falak, matematika, geometri, pengobatan, fisika, dan filsafat. Disamping dia mengkaji dan mempelajari seluk-beluk ilmu optik. Salah satu karyanya yang paling fenomenal adalah Kitab Al-Manazir (Buku Optik). Dalam kitab itu, ia menjelaskan beragam fenomena cahaya termasuk sistem penglihatan manusia. Selama lebih dari 500 tahun buku ini dijadikan pegangan dalam bidang optik.  Pada tahun 1572 M, Kitab Al-Manadzir diterjemahkan kedalam bahasa Latin Opticae Thesaurus. Sayangnya, dari sekian banyak karyanya yang diperkirakan  lebih dari 200 buku hanya sedikit yang terisa. Bahkan karya monumentalnya, Kitab Al Manadhir, tidak diketahui lagi rimbanya. Orang hanya bisa mempelajari terjemahannya yang ditulis dalam bahasa Latin.
Pada abad ke-13 M, fisikawan Muslim lainnya yang banyak berkontribusi dalam bidang optik adalah Kamaluddin Al-Farisi. Dia mampu menjelaskan fenomena pelangi. Melalui penelitian yang dilakukannya, ia berhasil mengungkapkan bagaimana cahaya matahari direfraksi melalui hujan serta terbentuknya pelangi primer dan sekunder. 

c.       Kimia

Para kimiawan Muslim telah mampu menterjemahkan teori-teori ilmu kimia menjadi sebuah industri yang penting bagi peradaban dunia.
Mereka disamping telah melahirkan teknik-teknik sublimasi, kristalisasi, dan distilasi juga memperkenalkan alkohol, nitrat, asam sulfur, nitrat silver, dan potassium. Karya dan dedikasi para ilmuwan seperti Jabir Ibnu Hayyan, Al-Razi, Al-Majriti, Al-Biruni, dan Ibnu Sina, telah memberi sumbangan yang berbeda-beda bagi pengembangan ilmu kimia.
Jabir (721 M-815 M), telah memperkenalkan laboratorium dengan serangkaian eksperimen secara kuantitatif.  Ilmuwan Muslim yang dijuluki Bapak Kimia Modern ini juga penggagas proses distilasi, kristalisasi, kalnasi, dan sublimasi. Geber, sebutan orang barat terhadap Jabir, berhasil mempelopori instrumen pemotong, pelebur, dan pengkristal. Berkat jasanya pula, teori oksidasi-reduksi yang begitu terkenal dalam ilmu kimia terungkap. Senyawa atau zat penting seperti asam klorida, asam nitrat, asam sitrat, dan asam asetat lahir dari hasil penelitian dan pemikiran Jabir. Ia pun sukses melakukan distilasi alkohol.
Kimiawan Muslim lainnya adalah Al-Razi (lahir 866 M). Dalam karyanya berjudul, Secret of Secret, Al-Razi mampu membuat klasifikasi zat alam yang sangat bermanfaat. Ia membagi zat yang ada di alam menjadi tiga, yakni zat keduniawian, tumbuhan, dan zat binatang. Soda serta oksida timah merupakan hasil kreasinya.Al-Razi pun tercatat mampu membangun dan mengembangkan laboratorium kimia bernuansa modern. Ia menggunakan lebih dari 20 peralatan laboratorium pada saat itu.
Sosok kimiawan Muslim lainnya yang tak kalah populer adalah Al-Majriti (950 M-1007 M). Ilmuwan Muslim asal Madrid, Spanyol, ini berhasil menulis buku kimia berjudul Rutbat Al-Hakim yang memaparkan rumus dan tata cara pemurnian logam mulia. Dia juga tercatat sebagai ilmuwan pertama yang membuktikan prinsip-prinsip kekekalan masa, yang delapan abad berikutnya dikembangkan kimiawan Barat bernama Lavoisier.

Kontribusi Al-Biruni (wafat 1051 M) dalam bidang kimia dan farmakologi juga cukup signifikan. Dalam Kitab Al-Saydalah (Kitab Obat-obatan), dia menjelaskan secara detail pengetahuan tentang obat-obatan. Kosmetik pun dikembangkan oleh ilmuwan Muslim Al-Zahrawi (936 M-1013 M), pada abad ke-10 M. Dalam ensiklopedia kesehatan yang berjudul, Al-Tasreef, Albucassis begitu Barat menjuluki Al-Zahrawi, telah mengupas secara khusus tentang kosmetik. Bagi Al-Zahrawi, kosmetik merupakan bagian dari pengobatan. Khalid bin Yazid (wafat tahun 709 M) sudah mengenalkan potassium nitrat (KNO3), bahan utama pembuat mesiu, pada abad ke-7 M atau dua abad sebelum Cina.
e. Kedokteran
Era kejayaan Islam telah melahirkan sejumlah tokoh kedokteran terkemuka, seperti Al-Razi, Al-Zahrawi, Ibnu-Sina, Ibnu-Rushd, Ibn-Al-Nafis, dan Ibn-Maimon.
Al-Razi (841-926 M) dikenal di Barat dengan nama Razes mempunyai nama lengkap Abu-Bakr Mohammaed Ibn-Zakaria Al-Razi itu adalah dokter istana Pangerang Abu Saleh Al-Mansur, penguasa Khorosan. Ia lalu pindah ke Baghdad dan menjadi dokter kepala di RS Baghdad dan dokter pribadi khalifah. Salah satu buku yang dikarangnya berjudul ‘Al-Mansuri’ (Liber Al-Mansofis). Ia menyoroti tiga aspek penting dalam kedokteran, antara lain; kesehatan publik, pengobatan preventif, dan perawatan penyakit khusus. Bukunya yang lain berjudul ‘Al-Murshid’ telah mengupas tentang pengobatan berbagai penyakit. Buku lainnya adalah ‘Al-Hawi’ yang terdiri dari 22 volume itu menjadi salah satu rujukan sekolah kedokteran di Paris.
Tokoh kedokteran Muslim lainnya adalah Al-Zahrawi (930-1013 M) atau dikenal sebagai Abulcasis merupakan ahli bedah terkemuka di Arab. Dia menempuh pendidikan di Universitas Cordoba dan menjadi dokter istana pada masa Khalifah Abdel Rahman III. Salah satu dari empat buku kedokteran yang ditulisnya berjudul, ‘Al-Tastif Liman Ajiz’an Al-Ta’lif’, merupakan ensiklopedia ilmu bedah terbaik pada abad pertengahan. Buku itu digunakan di Eropa hingga abad ke-17.
Dokter Muslim yang sangat termasyhur adalah Ibnu Sina atau Avicenna (980-1037 M) bernama lengkap Abu Ali Husein bin Abdillah bin Hasan bin Ali bin Sina adalah seorang Persia yang lahir di sebuah desa yang bernama Khormeisan dekat Bukhara. Saat berumur 10 tahun beliau sudah hafal Al-Qur an, usia 16 tahun berhasil menjadi dokter pribadi istana Raja Bukhara Nuh bin Mansur, dan umur 18 tahun beliau sudah terkenal sebagai seorang dokter. Salah satu kitab ditulisnya berjudul Al-Qanon fi Al- Tibb atau Canon of Medicine. Kitab itu menjadi semacam ensiklopedia kesehatan dan kedokteran yang berisi satu juta kata. Sampai abad ke-17 kitab itu masih menjadi referensi sekolah kedokteran di Eropa, dan saat ini kitab itu disimpan di universitas Oxford, Amerika. Ibnu Sina pandai dalam banyak ilmu seperti matematika, metafisika, astronomi, logika, falsafah, tafsir, politik, dan bahkan musik, tetapi ilmu filsafat dan kedokteran inilah yang sangat kuat berada dalam dirinya. Sampai saat ini, keilmuan Ibnu Sina masih banyak digunakan di seluruh dunia.
Tokoh kedokteran era keemasan Islam lainnya adalah Ibnu Rusdy atau Averroes (1126-1198 M). Dokter kelahiran Granada, Spanyol itu sangat dikagumi sarjana di di Eropa. Kontribusinya dalam dunia kedokteran tercantum dalam karyanya berjudul ‘Al- Kulliyat fi Al-Tibb’ (Colliyet). Buku itu berisi rangkuman ilmu kedokteran. Buku kedokteran lainnya berjudul ‘Al-Taisir’ mengupas praktik-praktik kedokteran.
Nama dokter Muslim lainnya yang termasyhur adalah Ibnu El-Nafis (1208 - 1288 M). Ia terlahir di awal era meredupnya perkembangan kedokteran Islam. Ibnu El-Nafis sempat menjadi kepala RS Al-Mansuri di Kairo. Sejumlah buku kedokteran ditulisnya, salah satunya yang tekenal adalah ‘Mujaz Al-Qanun’. Buku itu berisi kritik dan penambahan atas kitab yang ditulis Ibnu Sina.
Beberapa nama dokter Muslim terkemuka yang juga mengembangkan ilmu kedokteran antara lain; Ibnu Wafid Al-Lakhm, seorang dokter yang terkemuka di Spanyol; Ibnu Tufails tabib yang hidup sekitar tahun 1100-1185 M; dan Al-Ghafiqi, seorang tabib yang mengoleksi tumbuh-tumbuhan dari Spanyol dan Afrika. Abu al-Qasim Khalaf ibn al-Abbas Al-Zahrawi alias Abulcasis (930-1013 M) telah sukses mengembangkan bedah gigi dan perbaikan gigi. Al-Zahrawi, Ibnu Al-Quff, Thabit Ibnu Qurra, Al-Majousi, serta Al-Tabari telah mampu mendeteksi dan mengobati beragam penyakit urologi dan menemukan sederet peralatan dan teknologi pengobatannya.
Untuk anatomi dan fisiologi THT dilakukan beberapa dokter Muslim, seperti Ibn Zakariya Ar-Razi (850-923 M), Ibnu Sina (980-1036 M), Ali Ibnu Abbas (994 M), Abdul Latif Al-Baghdadi (1161-1242 M), Ibnu Al-Baladi (971 M), Abdul Malik Ibnu Zohr (1092-1162 M), Al-Zahrawi (936-1013 M), dan Ibnu Al-Nafis (1210-1288 M). Secara detail, mereka menjelaskan anatomi dan fisiologi telinga, hidung, dan tenggorokan.

3.      Sumbangan Islam terhadap sains modern

Posting Komentar untuk "Teknologi Islam Moderat (Bag.1)"